KKS - SOSIALISASI KELOMPOK SPIRITUALITAS KITAB SUCI

2019-11-01 09:04:31

SOSIALISASI KELOMPOK SPIRITUALITAS KITAB SUCI

EMMAUS JOURNEY (EJ) DIBERIKAN OLEH EJ CENTER

KEPADA PAROKI PULOMAS SELASA, 29 OKTOBER 2019

 

APA ITU EJ?

 

EJ (Emmaus Journey) adalah pengalaman dua murid Yesus dalam perjalanan mereka ke sebuah kampung bernama Emaus (Emmaus).

Sumbernya berasal dari Injil Lukas 24:13-35. Kedua murid tersebut kemudian menyadari bahwa ternyata Yesus sendirilah yang berkenan menyertai perjalanan mereka ke Emaus dan penyertaan-Nya itu berdampak sangat positif bagi perjalanan hidup mereka selanjutnya.

 

Di dalam Kelompok Spiritualitas Kitab Suci EJ ini, setiap peserta diajak untuk berusaha menyadari penyertaan Tuhan Yesus dalam setiap langkah perjalanan hidup mereka. Usaha ini perlu dilakukan, baik secara pribadi ketika peserta menyiapkan diri sebelum pertemuan, maupun secara kelompok yang diadakan sekali seminggu dalam 37 pertemuan dengan didampingi fasilitator.

Bahan EJ yang digunakan terdiri atas 4 (empat) buku yaitu Perjalanan Menuju Hidup: Mendasar, Berbuah, Terfokus  dan Seven Last Words (Tujuh Sabda Terakhir).

 

SEJARAH EJ

 

Kelompok Spiritualitas kitab suci EJ pertama kali diadakan di Paroki Holy Apostles , Colorado Springs, Colorado, USA, pada tahun 1998.

Sedangkan EJ masuk ke Indonesia sejak tahun 2001 diselenggarakan pertama kali oleh Paroki Santa Monika di Serpong, Tangerang.

Sampai saat ini EJ telah berkembang ke paroki gereja-gereja di KAJ selain St Monika antara lain: St.Helena, MBK, MKK, St.Agustinus, St.Laurensius, Trinitas, St.Maria Immakulata, St. Ambrosius, St. Agustinus, St. Odila, St. Johanes Don Bosco, St. Lukas, Regina Caeli, St. Kristoforus, St. Bernadet, Damai, St. Andreas, St. Nikodemus, St. Matias Rasul, St. Fransiskus Asisi, Sathora, St. Alfonsus, Cideng, St. Yakobus. Paroki di luar KAJ: Univ Sanata Dharma-Yogyakarta dan Palembang.

Pada tahun 2020 mendatang program kegiatan Kelompok Spiritualitas Kitab Suci EJ ini akan hadir di Paroki Pulomas Gereja St. Bonaventura. Jumlah satu kelompok terdiri dari maksimum 8 peserta dengan 2 Fasilitator Utama (FasUt) dan Fasilitator Pendamping (FasPing) yang dikoordinir oleh EJ Center.  Diharapkan untuk tahun pertama (EJ 1) di Pulomas terbentuk 2 kelompok dewasa dan 1 kelompok OMK adalah mereka yang benar-benar peserta yang serius; karena di tahun kedua (EJ 2) mereka akan menjadi Fasilitator Utama (FasUt) bagi peserta baru.

Dalam buku Pedoman Dasar Pelayanan Komisi-Komisi Keuskupan Agung Jakarta program kegiatan Kelompok Spiritualitas Kitab Suci EJ pada tahun 2017 menjadi bagian dari kegiatan pelayanan Komisi Kerasulan Kitab Suci (K3S).

 

VISI DAN MISI EJ

 

Visi dan Misi Kelompok Spiritualitas Kitab Suci EJ adalah agar setiap umat Katolik yang sudah merasakan indahnya pengalaman ketika Tuhan Yesus menyertai perjalanan hidupnya, juga rela membagikan pengalaman itu kepada umat Katolik lainnya yang belum sempat merasakannya. Demikian seterusnya supaya dari waktu ke waktu menjadi semakin banyak lagi umat Katolik yang menikmati pendalaman hidup spiritualitasnya karena mengalami penyertaan Tuhan dalam kehidupan nyata mereka sehari-hari.







Messages